FIK UNP Gelar Workshop Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi

FIK UNP Gelar Workshop Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi

PADAN-FIK UNP menggelar Workshop Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) Kamis, (04/02/2021), di ruang sidang FIK UNP gedung dekanat Lt II. Acara berlangsung mulai pukul 13.00 WIB  hingga selesai , dikuti Dekan, wakil dekan, kajur, sekjur dan seluruh dosen muda dan diisi langsung oleh nara sumber Dr. Rahadian, S.Pd., M.Si., yang saat ini merupakan Kepala Pusat Inovasi UNP, yang baru dilantik beberapa hari yang lalu oleh Rektor.

Dekan FIK UNP, Dr. Alnedral, M.Pd. membuka acara secara resmi dan juga memberikan pandangan serta motivasi agar kegiatan ini mampu mendukung terobosan Rektor dalam rangka meningkatkan berbagai inovasi yang terkait dengan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi sehingga mampu mendukung IKU Rektor. Dr. Alnedral, M.Pd. juga   mengharapkan kinerja Tim SISTER FIK UNP, yang sebagian besar adalah dosen muda dengan bantuan para admin di semua prodi dapat menjemput bola dan dianggap mampu bekerja optimal sehingga pengisian SISTER setiap Dosen di Lingkungan FIK UNP bisa tuntas.

Dekan juga menyampaikan sebagai informasi bahwa Rektor membentuk UPT INOVASI adalah sebagai salah satu langkah yang diyakini mampu menopang atau mendukung tercapainya target IKU Rektor .

Adapun kiat dari Wakil Dekan I, Dr. Umar, MS., AIFO agar proses input data dapat berjalan optimal maka satu orang dari tim membantu lima orang dosen untuk diolah/diinput data mentahnya di SISTER. Itulah salah satu jalan atau cara sehingga bagi para dosen FIK yg sebagian waktunya bertugas di lapangan akan sangat terbantu.

Sebagaimana disampaikan di awal oleh WD I, “menjemput bola” itu adalah kata kunci yg ditekankan di hadapan Para peserta workshop yang terdiri dari perwakilan Dosen dari masing masing prodi di Lingkungan FIK UNP.

SISTER adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian RISTEKDIKTI Republik Indonesia. Di mana aplikasi tersebut dapat membantu dosen untuk mengamankan dokumen. Seringkali data-data formal masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya. Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut. Dan semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER karena telah terintegrasi dengan PD-Dikti.

Maka dari itu, dengan adanya aplikasi ini sangat membantu para dosen dalam hal pengajuan jabatan fungsional, kontrak dan laporan Beban Kerja Dosen (BKD) dan juga lainnya. (rel)

Padang Sumbar
Fernando

Fernando

Previous Article

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat...

Next Article

Rektor UNP Serahkan SK CPNS Kepada 30 Dosen

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 142

Postingan Tahun ini: 581

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 64

Postingan Tahun ini: 1017

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 53

Postingan Tahun ini: 197

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 51

Postingan Tahun ini: 540

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Azhar Harahap

Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Kadis Dikbud Buteng: Kalau Ada Honornya GTT di Bawah Satu Juta, Laporkan ke Saya
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan

Follow Us

Recommended Posts

MUI Sumbar Bolehkan Salat Id Berjamaah, Gubernur Terbitkan SE Baru
DPC Hanura Dharmasraya dan Anggota DPRD Raih Keberkahan Ramadhan Dengan Berbagi Takjil
Tak Usah Lama-lama, Diinisiasi DPD PAPPRI Sumbar  Supardi Santuni 25 Orang Anak Yatim
Kasus Covid-19 Meningkat, Pasar Raya Padang Tetap Padat Pengunjung Jelang Lebaran
MUI Sumbar Keluarkan Taujihat Pelaksanaan Ibadah Idul Fitiri, Begini Isinya